Menyoal Game PUBG

102
foto: tempo.com

belumtitik.com — Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.

Terkait dengan munculnya perdebatan tentang haramnya pubg di aceh dan sedang hangat hangatnya di bahas dan di perbincangkan. saya sangat setuju dan sangat sependapat perihal pengharaman game pubg karena lebih banyak sisi negatifnya contohnya unsur kekerasan dan kebrutalan, sehingga dapat menciptakan perilaku tidak baik terhadap anak-anak. Dan juga dapat menimbulkan kelalaian bagi si pemain tersebut,sampai meninggalkan kewajiban dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang muslim.

Akan tetapi fatwa haram game pubg ini seharusnya harus lebih di pertegas dan lebih diperjelas akan bagaimana bisa game pubg menjadi sesuatu yang haram, karena jika alasannya dapat menimbulkan kekerasan saya rasa ini kurang efesien karena jika alasannya hanya berpatokan pada bisa menimbulkan kekerasan maka seharusnya yang di keluarkan fatwa atau dicambuk adalah oknum-oknum dalam pemerintahan, karena kenapa.

Faktor yang sesungguhnya dapat menimbulkan kekerasan adalah perekonomian yang tidak bisa di atasi oleh pemerintahan, karena seperti yang kita lihat dan yang terjadi sekarang ini banyak orang yang melakukan kekerasan bahkan kejahatan karena kurang kemakmuran dan kesejahteraan dalam hidupnya karena masalah ekonomi yang sampai sekarang masih amburadul.

Baca Juga  Surat Cinta Untuk Abangnda R. Saddam Al Jihad

Padahal dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2009 TENTANG KESEJAHTERAAN SOSIAL yang isinya “bahwa untuk mewujudkan kehidupan yang layak dan bermartabat, serta untuk memenuhi hak atas kebutuhan dasar warga negara demi tercapainya kesejahteraan sosial, negara menyelenggarakan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah, dan berkelanjutan” dari undang undang ini bahwa kita tau pemerintah punya tanggung jawab dalam memakmurkan seluruh rakyat indonesia.

Tapi hal itu belum juga tercapai hingga saat ini, dan faktor-faktor kekerasan bisa terjadi menurut saya bukanlah faktor karena bermain game pubg tetapi faktor dari masalah perekonomian, jadi tidak terlalu efektif jika alasan untuk menetapkan pubg haram hanya karena dapat menimbukan faktor kekerasan.jadi saya juga mempertanyakan bagaiman bisa pubg di haramkan?

Saya tetap setuju akan halnya pubg di haramkan saya tidak protes akan pubg di haramkan,hanya saja saya dan masyarakat luas perlu dan ingin tau bagaimana bisa pubg di haramkan dengan penjelasan yang lebih spesifik. Dan juga saya kurang setuju atas hukuman yang di berikan kepada si pemain atau si pelaku yang bermain game pubg,fatwa hukuman atau sanksi yang di berikan kepada si pemain pubg adalah cambuk.

Bagi saya hukuman ini kurang cocok atau kurang efesien karna menurut saya hukuman itu terlalu berat,karna peraturan yang di langgar hanya sebatas bermain game,seharusnya masih banyak opsi opsi lain selain hukuman cambuk,para pemain game bisa di berikan arahan atau teguran saja,atau yang lebih jera para pemain bisa di kenakan hukuman denda,dimana mereka harus membayar denda tersebut berupa uang yg harus di sepakati bersama.

Karena seperti yang kita tahu bahwa yang pantas di hukum cambuk itu adalah para penjudi,penzina,dan orang orang yang meminum khamar,dan itu juga ada dalam undang undang qanun,Qanun No.12 Tahun 2003 tentang Larangan Khamar (Minuman keras), Qanun No.13 Tahun 2003 tentang Larangan Maisir (Perjudian) serta Qanun No.14 Tahun 2003 tentang Larangan Khalwat (Mesum).

Baca Juga  Papua Tanah Damai, Duka Papua dan Menghilangnya Para Pejuang Papua

Dan para penjudi, penzina, dan peminum khamar saya rasa para pelakunya memang pantas dan memang harus di berikan hukuman berupa hukum cambuk,namu di kasus pubg saya rasa kurang setuju karna saya rasa dosa dosa yang pantas di cambuk itu adalah mereka mereka yang melakukan perbuatan yang di larang dalam agama dan membuat orang di sekelilingya merugi,dan itu saya rasa tidak terjadi dalam bermain game pubg.
jadi saya mempertanyakan dosa seperti apakah yang pantas untuk di cambuk?
apakah para pemain pubg pantas untuk di berikan hukuman cambuk??