Bertemu Megawati, AHY Akui Kemenangan Jokowi

21
Selfie di kediaman Megawati/tribunnews

Belumtitik.com — Pengamat politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara melihat pertemuan Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Presiden Joko Widodo serta Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memiliki kepentingan politik dari dua sisi.

Di pihak AHY, ia menilai pertemuan tersebut bisa menguntungkan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu untuk jabatan politik dalam pemerintahan pemenang pemilu, termasuk bagi Demokrat sendiri.

“Bergabung dengan kabinet pemerintahan pemenang pemilu 2019 dianggap lebih menjamin eksistensi parpol yang bersangkutan (Demokrat) dan calon yang telah digadang-gadang kelak akan ditampilkan,” kata Igor kepada Kantor Berita RMOL, Jumat (7/6).

Di sisi lain, manuver yang dijalankan AHY juga bisa menguntungkan koalisi Jokowi jika menang di Pilpres 2019, mengingat saat ini Demokrat berada di gerbong oposisi.

Dengan bergabungnya oposisi, maka pemerintahan yang akan datang akan memiliki kekuatan yang cukup

“Pemenang pemilu 2019 juga berkepentingan bisa merangkul berbagai pihak, termasuk kubu oposisi demi stabilitas politik dan untuk memuluskan berbagai kebijakannya nanti,” lanjutnya.

Namun demikian, ada hal lain yang bisa dicermati dari manuver berbalut silaturahmi yang dijalankan putra Ketua Umum Demokrat itu.

“Dengan kata lain, silaturahmi ini juga mengisyaratkan bahwa AHY mengakui kemenangan petahana di Pemilu 2019 dan memprediksi petahana akan tetap menang di sidang gugatan pemilu 2019 di MK nanti,” tandasnya.[RMOL.ID]

Baca Juga  Meski Sungkan Debat Dengan Ma'ruf, Sandiaga Sorot Soal Ini